Minggu, 24 Agustus 2014

Hal-hal yang menarik di Batam

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sahabat, kerabat dimanapun berada. Kini saye nak meliput mengenai Hal-hal keren dan menarik yang anda jumpai di Kota Batam (kota asal saya). Tahukah posisi Batam itu dimana?? Pasti taulah


Sekedar info saja Kota Batam ini terletak pada daerah terdepan wilayah Indonesia tepatnya di Provinsi Kepulauan Riau. Ingatloh TERdepan bukan perbatasan. Mengapa dikatakan terdepan? karena memang secara geografis dan geopolitis wilayah Kota Batam berhadapan langsung head to head dengan negara tetangga kita, yaitu Singapura. Sebagai darah terdepan, Kota Batam merupakan pintu gerbang masuk indonesia, Konon Jumlah wisatawan mancanegara yang melewati pintu masuk Batam ke 3 terbesar se-Indonesia setelah Bali dan Jakarta. Batam juga pernah menempati posisi ke 2, setelah Bali. Oke sekarang langsung saja mengenai hal-hal menarik yang dijumpai di Batam, antara lain:

1. KOTA KEPULAUAN

Kota Batam salah satu kota di Indonesia yang secara administratif wilayahnya memiliki sekitar 300 an pulau. Dimana, Kota Batam mempunyai luas 3990,00 km2, terdiri dari Luas daratan 1040 km2 dan luas lautannya 2950 km2.


2.JEMBATAN BARELANG
Jembatan Barelang adalah nama jembatan yang menghubungkan pulau Batam dengan beberapa pulau lainnya yakni Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Setoko, Pulau Rempang, Pulau Galang, dan Pulau Galang Baru. Jembatan Barelang telah menjadi ikon Kota Batam, bahkan telah populer sebagai landmark-nya Pulau Batam. Apabila Kota Jakarta identik dengan Monas maka orang akan mengidentikan Kota Batam dengan Jembatan Barelang (Barelang Bridge). Nama Jembatan Barelang yang di berikan oleh masyarakat setempat ternyata lebih popular ketimbang nama aslinya yaitu Jembatan Fisabilillah. Nama “Barelang” oleh masyarakat diambil dari nama-nama pulau yang dihubungkan oleh jembatan tersebut; Batam, Rempang, dan Galang. Jembatan Barelang memiliki nama lain, Jembatan Habibie atau Jembatan satu. Dan terdapat 5 jembatan lainnya.

Jembatan Barelang merupakan pilot project berteknologi tinggi yang melibatkan ratusan insinyur Indonesia tanpa campur tangan dari tenaga ahli luar negeri. Dibangun untuk memperluas wilayah kerja Otorita Batam (OB) sebagai regulator daerah industri Pulau Batam. Pembangun jembatan Trans Barelang telah menyedot anggaran Otorita Batam (OB) sebesar Rp 400 Miliar yang dibangun dalam masa enam tahun (1992 – 1998). Enam buah jembatan megah ini merupakan proyek vital sebagai penghubung jalur Trans Barelang yang membentang sepanjang 54 kilometer.
Berikut sebagian fotonya:


(Gambar: Jembatan 1 Barelang)


 ( Gambar: Jembatan 2 Barelang)

(Gambar: Jembatan 5 Barelang)

3. BANYAK PELABUHAN LAUT INTERNASIONAL
Yang membedakan dengan kota-kota di Indonesia, Di Batam memiliki banyak pelabuhan laut internasional. Pelabuhan laut internasional ini berjumlah 5 Pelabuhan internasional yang ada di Batam antara lain: Pelabuhan int Sekupang, Marina, Harbour bay-Batuampar, Nongsa dan Batam Centre. Selain pelabuhan int juga memiliki 2 pelabuhan peti kemas, yaitu pelabuhan Batuampar dan Kabil dan 3 pelabuhan domestik yaitu: pelabuhan domestik Sekupang, Harbour Bay-Batuampar dan Telaga Punggur
Berikut sebagian fotonya:
 (Gambar: Pelabuhan Internasional Marina, )

(Gambar: Pelabuhan Internasional Batam Centre dari atas)

 (Gambar: Interior Pelabuhan Internasional Batam Centre)

(Gambar: Pelabuhan Internasional Batam Centre)

(Pelabuhan Domestik Sekupang)
(Gambar: Pelabuhan Internasional Sekupang)

(Gambar: Pelabuhan Internasional Sekupang)

4. MEMILIKI 2 BENTUK PEMERINTAHAN
Masing2 kota di Indonesia memiliki pemerintahan daerah berjumlah satu. Namun TIDAK untuk Batam. Di Batam memiliki 2 bentuk pemerintahan, yaitu: Pemerintah kota Batam itu sendiri (PEMKOT/kalau di Batam disebut PEMKO) dan Badan Pengusahaan Batam (BP Batam/ dulu dikenal dengan nama Otorita Batam). Dahulu pemerintahan di batam di pegang oleh Otorita Batam, namun sejak tahun 1983-1999 terjadi 2 bentuk pemerintahan yaitu sejak batam ditetapkan menjadi Pemerintahan kota administratif dan 1999-sekarang batam dimekarkan menjadi pemerintahan Kota Otonom.

(Gambar: Kantor BP Batam di Batam Centre)

Dalam sejarahnya, BP Batam dibentuk oleh pemerintah pusat pada tahun 1970-an untuk membangun dan mengembangkan Batam sebagai kota industri yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan seluruh NKRI. Sebelum otonomi daerah berlaku, BP Batam yang membangun infrastruktur di Kota Batam dengan dana dari pemerintah pusat. Mereka membangun jalan, jembatan, rumah sakit pemerintah hingga dam/waduk Saat ini, setelah lebih dari 40 tahun berlalu, Batam menjelma menjadi salah satu pusat perdagangan, pariwisata dan alih kapal.

BP Batam juga mendapat kewenangan untuk mengeluarkan Perijinan Fatwa Planologi, Perijinan Cut and Field, Perijinan Alokasi Lahan, Perijinan titik-titik lokasi iklan, SK BKPM tentang registrasi perusahaan di Indonesia, Angka Pengenal Import Terbatas (APIT), serta Ijin Usaha Tetap (IUT).

BP Batam juga mendapat kewenangan dari pemerintah pusat untuk mengeluarkan perijinan lalu lintas keluar masuk barang, seperti Perijinan IP Plastik dan Scrap Plastik, Perijinan IT-PT, Perijinan IT Cakram, Perijinan IT Alat Pertanian, Perijinan IT Garam Perijinan, Mesin Fotocopy dan printer berwarna, Perijinan Pemasukan Barang Modal Bukan Baru, Perijinan Bongkar Muat, Pelabuhan Khusus hingga Perijinan Pelepasan Kapal Laut.

Walaupun bentuk pemerintahan di Batam berjumlah 2, namun dalam pelaksanaannya hubungan keduanya sampai sekarang masih tetap harmonis dan kedua kantor pemerintahannya-pun saling berhadapan
(Gambar: Kantor Walikota Batam di Batam Centre)

 (Gambar: Batam Centre dari kejauhan)

5. KEPEMILIKAN BANDARA UDARA INTERNASIONAL HANG NADIM
Sebagian besar kota-kota besar dan di Indonesia memiliki kepemilikan bandara udara dibawah naungan BUMN PT.Angkasa Pura 1 dan PT. Angkasa Pura 2. Hal ini tidak terjadi di Kota Batam. Bandara udara Internasional Hang Nadim di Batam ini dibawah naungan BP Batam bukan Angkasa Pura 1 dan 2

(Gambar: Apron Bandara Hang Nadim Batam)

(Gambar: Interior Bandara Udara Int Hang Nadim)

5. LANDASAN PACU TERPANJANG DI ASIA TENGGARA
Batam salah satu kota di Indonesia yang memiliki bandara udara yng landasan pacu paling panjang se-Indonesia, bahkan se-Asia Tenggara (Changi, Kuala Lumpur kalah). Landasan pacunya memiliki panjang 4025 meter.


6. KABEL LISTRIK BAWAH TANAH (UNDERGROUND CABLE)

Berbeda dengan kota-kota lain di Indonesia, hampir semua jalan besar di pusat kota dan jalan besar menghubungkan daerah lain banyak ditemukan kabel-kabel listrik yang berseliweran, Ini sangat menggganggu keindahan/estetika kota tersebut apalagi pada daerah padat aktivitasnya seperti kawasan perdagangan. Namun ini TIDAK terjadi di Batam. Semua jalan besar di Batam pada kawasan perdagangan (pertokoan/ruko) maupun kawasan lainnya telah menggunakan sistem jaringan kabel listrik bawah tanah yang rapih, yaitu kabel listrik ditanam dibawah tanah.


(Gambar: jalan di Simpang Universitas Internasional Batam, di Baloi)

  (Gambar: Salah satu Jalan di kawasan perdagangan dan jasa Nagoya)

 (Gambar: Jalan di kawasan perdagangan dan jasa Jodoh) 

 (Gambar: persimpangan Jl. RE Martanidata, Sei Harapan-Sekupang)

 (Gambar: Jl. Gajah Mada, Baloi)

 (Gambar: Jalan di Nagoya-Jodoh)

 (Gambar: Jalanan di Simpang Masjid Agung Batam, Batam Centre)


 (Gambar: Jalanan di Batam Centre)

 (Gambar: Jalan di Nagoya-Jodoh)

 (Gambar: jalan depan Mega Mall dan Pelabuhan Internasional Batam Centre di Batam Centre)

 (Gambar: Jalan di depan Pelabuhan Internasional Batam Centre)

 (Gambar: Jalanan di kawasan perdagangan dan jasa Nagoya)

(Gambar: Jalan di kawasan perdagangan dan jasa Jodoh)

 (Gambar: Salah satu Jalan di kawasan perdagangan dan jasa Nagoya)

(Gambar: Jalan dekat ruko di Batam Centre)

7. MEDIAN JALAN YANG LEBAR DAN JALAN YANG MULUS
Mediann jalan merupakan pemisah jalur jalan, diwujudkan dalam bentuk taman. Jika teman2 sudah pernah berkunjung ke Batam pasti pernah merasakan dan melihat dengan mata kepala sendiri bahwa median jalan besar di Batam sangat lebar. Hal ini dapat dilihat ketika baru sampai di Bandara Hang Nadim lalu menuju arah Batam Centre/Sekupang. Dan Jalan di Batam semuanya memiliki 4 lajur 2 jalur, yang ditengahnya dipisahkan oleh median jalan. Batam juga tidak mengenal macet, meski saat jam pergi/pulang kantor agak sedikit terhambat bila mendekati lampu merah.

 (Gambar: Simpang Jam, Baloi)

 (Gambar: Jl. Jend. Sudirman)

  (Gambar: Jl. Jend. Sudirman)

 (Gambar: Jalan di Simpang terowongan dari Batuampar)



(Jalan Gajah Mada menuju Tiban, Sekupang)

8. KAWASAN INDUSTRI PALING BANYAK DI INDONESIA
Banyak kota di Indonesia yang diperuntukkan sebagai daerah industri memiliki kawasan industri dengan jumlah yang tidak relatif banyak. Rata2 kawasan industri di beberapa kota besar di Indonesia sebanyak 5-20 saja. Sebagai contoh daerah bekasi mempunyai kawasan industri berjumlah 23, Tangerang berjumlah 16, Karawang berjumlah 20, Serang 22

Kota Batam yang wilayahnya terdiri dari banyak pulau memiliki kawasan industri berjumlah 28 buah, Semua kawasan industri ini terletak di Pulau Batam. (Sumber: http://onclick.blog.com/2011/03/daftar-kawasan-industri-seluruh-indonesia/)

Berikut beberapa fotonya:

 (Gambar: Kawasan Industri Batamindo, Mukakuning)
(Gambar: Kawasan Industri galangan kapal dan offshore Batuampar)


9. JULUKAN BATAM
Batam yang terletak pada ujung Indonesia ini mempunyai beberapa julukan diantaranya kota industri, kota 1001 ruko dan lain-lain.

10. STATUS TANAH DAN BANGUNAN HAK GUNA
Inilah salah satu keunikan batam dg kota lainnya. Di Batam tanah dikuasai oleh BP Batam. Tanah di Kota Batam umumnya berstatus hak guna. Pengguna lahan harus membayar UWTO (Uang Wajib Tahunan Otorita) secara berkala. Ada yang 10 tahun, 20 tahun, 30 tahun, 60 tahun tergantung dari lokasi lahan. Begitupula dengan uang yang harus dibayarkan oleh mereka ke BP Batam, tergantung dari lokasi lahan yang digunakan. Sistem tersebut menurut saya cukup bagus. Bila di kota lain sangat sulit membebaskan lahan untuk kepentingan bersama (pemerintah dan masyarakat – untuk jalan misalkan) karena terkendala harga tanah yang mahal, apalagi si pemilik tidak mau menjual, di Batam bisa langsung digunakan. Meski tentu saja tetap tidak bisa sewenang-wenang.

11. DAERAH FTZ (FREE TRADE ZONE)

Batam merupakan kawasan perdagangan bebas dimana setiap barang yang masuk ke Batam dibebaskan dari pajak. Hal ini sesuai dengan UU No 36 tentang Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas dan kemudian dirubah beberapa kali melalui PERPU, sehingga di undangkan menjadi UU no 44 tahun 2007. Ada juga Undang-Undang 36 tahun 2000 Tentang " Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU No 1 Tahun 2000 Tentang Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Menjadi Undang Undang serta masih banyak Undang-Undang lainnya yang berkaitan dengan FTZ Batam.

12. ADA NAGOYA DAN JODOH DI BATAM

Nagoya disini bukan daerah Jepang. Namun berupa sebuah kawasan perdagangan dan jasa yang terletak di Batam. Siapa yang ingin mencari jodoh silakan pergi ke Jodoh. hahaha. Jodoh juga merupakan suatu kawasan yang bersebelahan dengan Nagoya. Jodoh juga merupakan kawasan perdagangan dan jasa. Namanya kawasan perdagangan dan jasa, sehingga disini tempat anda sepuas-puasnya untuk berbelanja karena disini banyak Mall dan ruko/pertokoan. Selain Mall juga terdapat banyak Hotel. Nagoya dan Jodoh di Batam terletak di Kecamatan Lubukbaja. Jika anda pergi ke Nagoya dan Jodoh anda tidak akan pernah menemukan batas yang jelas antara kedua kawasan ini. Karena Nagoya dan Jodoh ibaratkan 11 dan 12. Anda penasaran??? coba saja berkunjung ke Batam.











13. SURGANYA BARANG2 ELEKTRONIK DAN TAS DENGAN HARGA YANG WAWW
Bagi anda pecinta tas, parfum dan barang2 elektronik khususnya Hp, Smartphone anda bisa membelinya dengan harga yang murah. Namun menurut saya harga elektronik khususnya hp/smartphone beda tipis dengan harga di pasaran (paling beda 100, 200/ 300 rb). Jika ingin membeli smartphone/hp pergilah ke Mall Lucky Plaza dan Nagoya Hill Mall. Di Mall Lucky Plaza anda akan kaget melihat suasana disana, Mengapa?? Karena mereka (penjual) menjual barang2nya sudah seperti mirip orang jual kelengkeng di tepi jalan dan orang yang sedang jual tiket bus, semuanya berteriak-teriak. Seperti: apa bang, bang dipilih2 mau yang merek apa?? mau yang KW atau Ori. hehehehe



14. 1,3 JUTA WISATAWAN MANCANEGARA/TAHUN
Kedekatannya dengan beberapa negara tetangga dan ditopang oleh baiknya sarana infrastruktur, telah mengundang banyak sekali wisatawan mancanegara untuk singgah ke pulau ini. tercatat pada 2012 silam, sekitar 1,3 juta turis mancanegara yang mengunjungi Batam sekaligus menempatkan batam sebagai pintu masuk orang asing terbesar ke-3 di Indonesia Setelah Jakarta dan Bali. Kebanyakan dari mereka adalah wisatawan dari Singapore, Malaysia, Korea Selatan, Jepang, Eropa dan kalo sabtu minggu agan jalan-jalan ke batam, dipelabuhan-pelabuhan maupun pusat-pusat perbelanjaan, agan akan bertemu dengan banyak sekali turis. bahkan kadang ada yang unik gan, warna Singapura kadang hanya untuk makan Siang saja kalo ke batam, setelah itu pulang kembali kenegaranya, saking deketnya. dapat ditempuh dengan 40 menit melalui kapal laut.

15. BANYAK MALL

Jika anda berkunjung ke kota ini anda pasti banyak menjumpai mall/pusat perbelanjaan di setiap sudut kota. Jumlah mall/pusat perbelanjaan di Batam sebanyak 13 buah. Bahkan tak jarang masyarakat pulau-pulau sekitar batam banyak berkunjung ke Batam hanya untuk berbelanja saja.

16. MASYARAKATNYA HETEROGEN
Jika anda baru pertama kali berkunjung ke Batam untuk liburan/mencari kerja, janganlah takut/merasa minder anda tidak bisa menggunakan bahasa daerah anda karena di Batam penduduknya Multietnis. Di Batam kita bisa menjumpai suku Jawa, Minang, Batak, Flores, Ambon, Aceh, Melayu, Bugis dan lainnya. Bahkan Suku Jawa merupakan suku yang dominan di Kota ini. Dan masing2 suku tersebut mempunyai paguyubannya masing-masing.

17. TIDAK DITEMUKAN ADANYA INDOMART
Bagi Anda yang kebiasaan membeli barang pada ritel perdagangan ternama seperti Indomart, anda jangan mencarinya di Batam karena di Batam TIDAL DITEMUKAN INDOMART. Ini bukan merendahkan ataupun bermaksud lain. Tapi inilah FAKTA yang sesungguhnya terjadi disini. Memang Batam merupakan kota besar. Walaupun tak ada indomart, tapi disini ada banyak minimarket yang bertebaran di sudut2 kota. Bahkan tak jarang, banyak minimarket yang buka hingga 24 jam penuh.

18. BISA MELIHAT SINGAPURA DENGAN JELAS
Jika anda yang bertempat tinggal di daerah Pulau Belakanpadang, Pulau Sambu, Tiban, Sekupang, Nagoya, Batuampar, dan Nongsa anda bisa melihat gedung-gedung bertingkat di Singapura dengan jelas (tanpa berkunjung ke Singapura)

 
19. PLN BATAM
PLN dibatam bukanlah singkatan dari perusahaan listrik negara tetapi pelayanan listrik nasional. supaya tidak terlalu mencolok kalau PLN di batam itu Swasta.

20. SUMBER AIR BERSIH BERASAL DARI AIR HUJAN YANG DITAMPUNG OLEH 7 WADUK YANG LUASNYA CUKUP BESAR
Untuk memperoleh air bersih di Batam masyarakat menggunakan air yang berasal dari waduk/Reservoir. Sumber air di Batam hanya berasal dari Waduk saja, tidak boleh ada yang menggunakan sumur artesis. Penggunaan sumur artesis/air tanah sangat DILARANG oleh pemerintah setempat (pemko dan BP Batam/Otorita Batam) karena pemerintah sejak dulu pernah berkoordinasi dengan badan geologi. Dari hasil kajian Badan geologi, yang melakukan analisa un­tuk di Kepri, Batam tidak bagus untuk air tanah. Jenis tanah yang terdapat di pulau Batam dan sekitarnya itu tenyata memiliki karakteristik yang khusus, berbeda dengan jenis tanah kebanyakan yang ada di Indonesia sehingga sering disebut dengan istilah “Batam Soil” atau Tanah Batam. Menurut Aziz, tanah Batam ini memiliki sifat “edorable”, mudah tererosi oleh air, bahkan jika terekspos ke udara dalam jangka waktu tertentu kekuatan tanahnya akan hilang, sehingga bisa menyebabkan kelongsoran




21. PENGELOLAAN SUMBER AIR BERSIH DI BATAM DIKELOLA PERUSAHAAN SWASTA
Semua kota-kota di Indonseia rata-rata pengelolaan sumber air bersih dikelola oleh PDAM setempat, namun untuk kali ini TIDAK di Batam. Sumber air bersih yang berasal Waduk-waduk yang ada di Batam ini sepenuhnya dikelola oleh swasta yaitu PT. Adhya Tirta Batam. Sebenarnya di DKI Jakarta juga ada perusahaan swasta seperti Aetra atau Palyja untuk mengelola air bersih yang didistribusikan kepada masyarakat, begitupula di Palembang, ada Adhya Tirta Sriwijaya (ATS). Hanya saja ketiga perusahaan swasta tersebut tidak sepenuhnya mengcover seluruh kota. Bila perusahaan air bersih/PDAM di kota lain menginduk ke pemerintah daerah, perusahaan air bersih di Kota Batam berada di bawah wewenang BP Batam. Itu makanya kebijakan tarif air bersih ada di bawah BP Batam, tidak di Pemko Batam dengan persetujuan dari DPRD Kota Batam. Begitupula dengan keuntungan dari perusahaan air bersih tersebut. Pemko Batam tidak secara langsung menerima hasil keuntungan dari pengelolaan air bersih. Perusahaan air bersih di Kota Batam menyetorkan keuntungan ke BP Batam sebagai badan regulator.

22. Memiliki pusat studio animasi terbesar se-Asia Tenggara
Mungkin masyarakat Indonesia belum mengenal Infinite Studio atau bisa disebut juga sebagai Island Studio yang berada di bawah naungan Infinite Frameworks Group yang digerakkan oleh orang Indonesia asli bernama Mike Wiluan. IFW (Infinite Frameworks) juga sebelumnya telah sukses menjadi production house dari beberapa serial animasi televisi seperti ‘The Garfield Show’,'Lucky Luke’ dan ‘Franklin and Friends’. Studio ini dibangun di Nongso, Batam dan memiliki luas 10 hektare. Studio ini menawarkan fasilitas menarik dalam proses pembuatan sampai produksi film yaitu adanya replika kota yang bisa disesuaikan dengan setting film yang akan dibuat, dua panggung ukuran besar masing-masing berukuran 14,000 sqf dan 30,000 sqf, workshops, studio animasi hingga fasilitas pasca produksi termasuk efek visual. Film Dead Mine yang dibintangi Ario Bayu yang juga bekerja sama dengan HBO Asia adalah film pertama yang menggunakan fasilitas dari Infinite Studio. Bahkan, Direktur Perfilman Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif Syamsul Lussa juga akan memasukkan Infinite Studio dalam program promosi kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif agar lebih banyak lagi film asing yang diproduksi di Indonesia.
  Pemilihan Batam sebagai tempat dibangunnya studio ini dikarenakan letaknya yang strategis dengan negara lain seperti Singapura dan diharapkan akan banyak menarik minat sineas luar negeri untuk memproduksi filmnya di studio ini. Dengan tujuan seperti itu, diharapkan Batam akan menjadi industri perfilman tanah air yang bergerak ke arah profesional.
Dengan adanya studio film sendiri di Indonesia, diharapkan sineas tanah air dapat menghasilkan film-film yang lebih bermutu dan lebih serius dalam penggarapannya, karena dapat memanfaatkan fasilitas yang ditawarkan studio secara maksimal. Misalnya, kini sineas Indonesia dapat membuat film-film kolosal dengan mudah karena replika kota-kota “jaman dulu” di Indonesia dapat dibangun dengan mudah, sehingga film-film bertema kerajaan atau film yang menceritakan Indonesia era 50-an dapat ditampilkan dengan apik dan maksimal. Disamping itu, peluang untuk sineas Indonesia dalam menghasilkan film-film animasi berkualitas pun mendapat titik terang berkat adanya fasilitas studio animasi di komplek infinite studio ini, dimana IFW sudah berpengalaman dalam memproduksi film-film animasi berskala internasional bahkan menghasilkan film 3D yang masih jarang “dijamah” sineas Indonesia.


 (Gambar: Studio ini berlokasi di Kawasan pariwisata Nongsa)

23. Mempunyai tulisan huruf dari beton terbesar di Dunia.
Huruf tersebut bernama COASTARINA, dari MURI telah memberi penghargaan sebagai pemilik tulisan terbesar dan terberat di Indonesia, konon beratnya mencapai 600 Ton dengan tinggi bersih tulisan 8 meter, jika ditambah dengan landasan mencapai 10 meter, bahkan tulisan HOLLYWOOD yang ada di Amerika kalah besarnya dengan yang di Batam. Di kompleks ini akan dibangun perumahan namanya Coastarina. Konsep Coastarina adalah gabungan antara perumahan mewah dengan fasilitas wisata superlengkap. Jumlah rumah yang akan dibangun adalah seribu rumah dengan total luas kawasan total 150 hektar (termasuk 25 hektar taman dan fasilitas umum). Meski perumahan Coastarina sendiri belum dibangun fasilitas pendukung lainnya telah dibangun seperti theme park dan children water boom bernama Ocarina. Selain itu ada juga food court, kafe, restoran dan tempat karaoke terapung.

Coastarina dibangun di kawasan pusat kota Batam, bersebelahan dengan pelabuhan internasional Batam Center dan pusat perbelanjaan Megamall. Jika kita naik kapal dari Singapura menuju pelabuhan Batam Center akan nampak tulisan Coastarina berukuran tinggi sepuluh meter. Tulisan ini merupakan tulisan dengan tinggi huruf tertinggi di dunia mengalahkan tulisan Hollywood di Amerika Serikat dan telah dianugerahi rekor Muri. Meski Coastarina baru dibangun tulisannya saja kita bisa membayangkan kemegahannya apabila Coastarina telah dibangun seluruhnya.


24. STOP KONTAK KAKI TIGA
Hampi seluruh kota di indonesia, di rumahnya mempunyai stop kontak berkaki 2 namun ini TIDAK di Batam. Jika anda pergi ke batam dan mempunyai saudara atau teman di batam, lihatlah stop kontaknya. Bisa dipastikan stop kontaknya berkaki 3.

http://www.warunghardware.com/images/391/0002433_300.jpeg 
Stop kontak kaki tiga dipakai di negara2 Amerika, Singapura, Malaysia, Sebagian indonesia yang saya tau: Batam, Bintan dan Karimun dll
Sedangkan stop kontak kaki dua dipakai pada Indonesia,dll


25. TIDAK MENGENAL MUSIM DI BATAM
Jika anda menginap/bertempat tinggal di Batam anda jangan sekali-kali dapat menentukan kepastian musim di Batam karena di Batam tidak mengenal musim ini dikarenakan karena tingkat intensitas curah hujan disini termasuk tinggi, pergerakkan angin termasuk tinggi dan maklum disini merupakan daerah kepulauan sehingga tingkat penguapan air laut juga tinggi. Berbeda dengan di Pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi (Pulaunya besar). Jika daerah Jawa, Sumatera sedang musim kemarau maka bisa jadi Pulau Batam dan sekitarnya (daerah pulau di Provinsi Kepulauan Riau lainnya) sedang mengalami musim hujan disertai angin kencang atau panas lalu hujan kemudian panas lagi, perlu diketahui panasnya di Batam tidak sepanas daerah jakarta, semarang, yogyakarta. Dan jika 5 pulau besar di Indonesia sedang hujan terus menerus maka bisa jadi Batam tidak musim hujan. Musim di Batam memang sangat menarik dan Cuaca dan musimnya ga bisa ditebak.

26. STNK KENDARAAN BARU BERBEDA DENGAN LAINNYA 
Semua daerah di Indonesia kecuali daerah FTZ (Batam-Bintan-Karimun) mempunyai STNK Seperti gambar di bawah ini




Anda biasanya melihat STNK seperti diatas, pernahkah anda melihat STNK seperti pada gambar dibawah ini?



Nah, STNK tersebut adalah STNK yang berlaku pada kawasan FTZ Batam, Bintan dan Karimun. Perbedaannya terletak adanya tulisan FASILITAS FTZ-CKD. STNK Kendaraan yang mempunyai tulisan FASILITAS FTZ-CKD, khusus untuk kendaraan yang dikeluarkan pada tahun 2011 ke atas. Kendaraan yang mempunyai tulisan FASILITAS FTZ-CKD tidak boleh keluar dari daerah FTZ yang berlaku. Kendaraan yang tidak boleh keluar dari daerah FTZ biasanya selain STNK yang bertuliskan huruf tersebut, juga pada akhir plat nomor kendaraannya bertuliskan Z/X. Misal, kendaraan Batam dengan nomor polisi BP 165 FZ dan BP 165 DX kedua nomor polisi tersebut tidak boleh keluar dari daerah FTZ Batam (Pulau Batam, Pulau, Nipah, Pulau Setoko, Pulau Rempang, Pulau Galang, Pulau Galang Baru, Pulau Ngenang, Pulau Kepala Jerih, Pulau Pemping, Pulau Tanjung Sauh).

27. 
 Sekian sebagian hal-hal yang menarik yang ada di Batam, Anda penasaran dengan Batam?? Silakan berkunjung ke kota kami sekian dan terimakasih.

 Sumber gambar: Skyscrapercity.com dan google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar